Monday, October 28, 2013

Trip To Sawarna Yang Penuh Warna

Sawarna,

Target yang mau gw tuju di solo trip kali ini... Oke. Here's the detail..

Perjalanan dimulai dari Cikokol, Tangerang. Kenapa? Karena gw baru balik kerja n bakal ada banyak alternatif seandainya 1 opsi gagal dan semoga masih bisa dapet tempat duduk. Gw pilih opsi dengan rute ke Rangkasbitung. Opsi lainnya adalah, bis ke Bogor atau ke Merak (turun di Serang - Pakupatan). Dan alhamudillah, bis opsi pertama gw tersedia. Bis Bulan Jaya (jam 8.30 PM) dengan harga Rp25.000,- (AC). Katanya sih, masih banyak bis yang ke Rangkasbitung, tp klo yang AC, ya cuman ini yang terakhir.. Apapun itu, gw rasa ini adalah lucky-nya gw untuk bisa merasakan "kemewahan"..


Nie mobil awalnya kosong, tapi pas sampe Kebon Nanas, mulai deh terisi padet... Masuk tol Serpong dan keluar di Bitung, jalanan masih lancar... Bisa tidur dalam arti sesungguhnya (quality doesnt need quantity, i thought..).

Di Bitung, tu penumpang banyak yang pada turun ternyata.. Dan "the real situation" pun terungkap... Dangdut koplo full... Macam tu speaker digantung di kuping gw... Kanan - Kiri.. (jadi inget tipikalnya bis di daerah pantura..). Dan setelah ngetem cukup lama, bis pun kembali jalan... Gak cuman bis ini yang "bergoyang", coz jalan raya-nya pun ikut "bergoyang".. Lobang sana-sini (kubangan lebih tepatnya sih menurut gw). Jadi inget kasusnya Tante Tutut... Mewahnya mobil dia, apa bisa dibawa lewat nie jalan??? Btw, gw bayar pajak loh...

Tips: kalau gak nahan sama tu musik, pasang headphone bisa jadi solusi terbaik. Dan jangan harap bisa tidur selewat dari Bitung, karena supir bisnya sekampus dengan supir metromini n kopaja... Alumni terbaik malahan, karena bisa ngebut di jalanan macam begitu...

Ada banyak kejadian konyol yang gw alamin di nie bis.
1. Tips diatas (terutama di bagian tidur), tidak mempan ternyata di gw. Karena tetep aja gw tidur walaupun digoyang kanan-kiri. Pernah, 1x gw (plus seisi bis), kelempar dari tempat duduk karena tu bis ngebut n masuk ke lobang.. Kepala gw sampe kena tempat naro tas.. Bayangin deh, setinggi apa tu "lompatan"..
2. Masih terkait tips tidur. Gw diturunin di tengah jalan... Edan, jam 11-an malem... Di "negara" antah berantah... Gelap, gulita, kelam.. lebay...
Kernet: "Lha, masih ada penumpang ternyata... Bangun euy... Mo kemana nih?"
Gw, kucek2 mata: "Ke Rangkas, Bang.."
Kernet: "Tidurnya pules banget sih... Pindah gih ke mobil di belakang.."
Gw: "Masih banyak emang Bang bisnya?"
Kernet: "Masih.. Tunggu aja"

Dalam hati, "sial.. kejadian deh, diturunin tengah jalan... mana duit gw gak dibalikin.. kernet bego... mo pulang kok ya gak cek ke belakang.. mana tinggal gw sendiri pula di tu bis..".

1/2 jam nunggu... Kagak ada bis yang lewat... Cuman truk yang bannya lebih gede dari setirnya.. Sesekali ada sih mobil biasa, tapi masih berharap bis yang dimaksud muncul... Di sebrang, dah 2 bis yang lewat... Ke Tangerang..

1 jam nunggu... Gak boleh lebih lama lagi ini gw... Nyegat lah gw mobil pickup, berharap bisa numpang mpe Rangkas. Dan berhasil... Mobilnya berenti..

Pickup: "Mo kemana?"
Gw: "Ke Rangkas, Bang.. Bisa ikut?"
Pickup: "Lha, nunggunya di sebrang, bukan disini..."
Gw: "What... @*%$(^#.....!!!!!!"

Jadi, dah 1 jam nunggu ternyata salah posisi??? Gini nih... efek turun di tengah malem.. Gak ada orang yang bisa ditanya... Jangankan orang, setan pun ogah lewat.. Gak ada yang bisa digangguin soalnya.. Sinyal provider aja males mampir di hp gw...

Kesimpulannya: ulah tibra teuing mun sare, da ieu mah di bis, lain hotel bintang 7...

Nyebrang lah gw, n gak pake nunggu, gw mainkan jempol gw... Goyang kanan, goyang kiri.. Dan, nyangkut di another mobil pickup.. Setelah mastiin tu mobil ke Rangkas (gak lucu kan klo ternyata gw balik ke Cikokol...), naek deh gw ke belakang...

Ternyata, gw gak sendiri... Ada sekitar 6 orang di belakang.. Karyawan salah satu pabrik yang balik dari lembur n gak dapet bis jemputan.. Ngobrol jadi aktifitas gw selanjutnya... Dari tu tempat sampe ke Terminal Mandala Rangkas, kudu nyambung ojek dan makan waktu sekitar 1 jam-an lagi.. No problem.. Yang penting Rangkasbitung dulu... Goyang lagi... Kali ini tanpa kursi empuk... Tapi tetep adem... Mengarah ke dingin sebenernya sih.. Full AC, angin ceprat-cepret yang namparin pipi gw...

Uang sukarela pun gw keluarin (Rp10.000), yang sangat worthed buat gw kasih ke tu supir.. Thx, ya Pak...

Turun dari pickup, berlabuh lah nie pantat di jok motor... Mandala, Beh... Tariiiiiixxxx...

Jalanan cukup lengang, truk pun bisa diitung yang lewat.. Untungnya, lampu jalan masih nyala.. Cukup lah untuk mengobati lara atas pembayaran pajak tiap tahun gw.. Jam 1 dini hari, sampe juga di terminal Mandala Rangkasbitung. Bingung.. Kagak ada bis apalagi angkot yang beroperasional.. Cari "kehidupan" dulu klo begitu.. Nangkring di depan warteg tempat ngumpulnya para ojeckers, tempat berbagai informasi mengalir tanpa halangan... Ditemani secangkir kopi mix yang baru bisa gw minum pas udah dingin.. Bukan penikmat kopi sih gw...

Dan informasi yang gw terima adalah, alat transportasi menuju Sawarna bisa menggunakan Elf dan Damri. Untuk Elf, paling pagi jalan jam 5 (ba'da subuh). Sedangkan Damri, sekitar jam 7 AM dengan memakan waktu 3-4 jam, tergantung kondisi mobil dan mood-nya si supir. Tarif Rp35.000,- sampai Terminal Bayah dan lanjut menggunakan Ojek menuju Sawarna.

Kondisi terminal Mandala, cukup sepi. Kata orang sih agak rawan kejahatan. Untungnya gw gak standby di tu tempat, melainkan di Warteg diluar Terminal. Cumaaaannnn... toiletnya tuh ada di dalem terminal ternyata... Sampe adzan subuh, baru gw berani melangkah masuk ke toilet terminal.. Remang-remang, tapi bersih.. Sesuatu banget deh buat orang yang udah kebelet nahan 3 jam lebih...

Mesjid di sekitar terminal juga agak susah dijangkau. Yang paling deket n memungkinkan adalah Mushola terminal yang wudhu-nya harus di toilet... Bualik lagi deh gw... Heran.. Niat gak sih nie terminal nyedia-in mushola...

Tips: sebagai seorang muslimah, ada baiknya untuk selalu membawa mukena, coz dari pengalaman jalan kesana-kemari, gak semua mesjid or mushola punya mukena yang layak bwt dipake... Gak masuk akal pula, klo mo ketemu pacar bisa pake baju bagus n wangi... Masa ketemu sama yang MAHA SEGALA, pake mukena asem, buluk yang disimpen di pojokan lemari atau disangkutin di tembok yang udah jamuran...

Beres sholat, ternyata tu Elf dah nongol.. Lagi beresin dus-dus di atep mobil... Katanya, klo lagi penuh, yang diatep itu bukan cuman dus doank.. Tapi orang juga diiket disitu.. Untungnya gw bukan dus...

Jam 5.30 AM, Elf pun jalan.. Gak pake kernet.. Cuman supir sendiri... One man show begini ceritanya... Jadi, klo ada penumpang yang bawa dus, karung atau apapun itu, ya supir lah yang urus.. Turun dari mobil trus naekin barangnya ke atep. Kadang, saking "sibuknya" tu supir sama rokok n hp, klo ada penumpang mo turun, kudu keplak kepala tu supir biar mobilnya berenti. Ada kejadian, tu supir naekin penumpang ibu-ibu.. Pas berenti, naeklah tu penumpang dan mobilnya langsung jalan.. Ternyata, mobilnya dah penuh... Jadilah tu ibu-ibu ganti profesi, kernet dadakan... "Udah biasa ini mah..", begitu katanya.. Padahal, jalannya gak bisa gw bilang mulus... Lobang kanan-kiri.. Ditambal sesuka hati, bikin "gunung" di tengah jalan yang tingginya gak sama dengan jalan aslinya.. (kejadian lagi ini sih, goyang pantura di nie Elf..). Whatever...

Sampai di Terminal Bayah (kali ini gak pake balik lagi ke Rangkas karena ketiduran) sekitar jam 10-an. Gw langsung disamperin ojek lokal. Tawaran pertama gw setelah sebut SAWARNA, adalah Rp20.000,- dan langsung ditolak. Hingga akhirnya deal di angka Rp30.000,-

Terminal Bayah terletak di perempatan jalan. Dari arah Rangkas, terminal Bayah ada di sebelah kiri jalan. Kalau lurus, bisa tembus sampai ke Cikotok. Sawarna sendiri ada di sebelah kanan dengan jalan yang sudah bagus (baru di aspal lagi lebih tepatnya)..

Matahari dah tinggi, tapi anginnya cukup dingin.. Gak kepengen mandi gw.. Tapi butuh buat bikin nie muka seger. So, gw minta si ojecks untuk anter gw ke penginapan yang udah gw booking sebelumnya. Villa Hula-Hula.. (gampang diinget karena bikin kita ngebayangin pantainya Hawaii... ngimpi.com..).

Rute yang dilalui cuman hutan di kanan-kiri jalan sekitar 20 menit pertama. Disusul view pantai di 1/2 perjalanannya sampai ke tu Villa.

Nie Villa, ada di pinggir jalan raya Sawarna. Gak jauh dari pantai pasir putih. Jadi, kalau kesorean ke sini, gak usah takut ketinggalan sunset, coz tinggal ngesot, sampe deh di bibir pantai... Nganterin matahari ke peraduannya..

Ada banyak alternatif penginapan/homestay disini. Mulai dari yang asal rebahan, sampe yang exclusive. Dan penginapan yang gw booking termasuk the exclusive one.. AC dengan kamar mandi di dalam + fasilitas makan 3x yang bisa ditebus seharga Rp185.000,- weekend (kalo weekday cuman Rp150.000,-). Harga segitu adalah harga per kepala. Gampang lah ngitungnya... Karena jarang kemungkinannya klo ada 1 kepala punya 2 perut... Heheheh...

Villa Hula-Hula dari sisi salah satu kamar
Villa ini nyediain 6 kamar yang bisa diisi sampe 6 org (3 tempat tidur lesehan gede). Di dalemnya ada TV dan dispenser. Jadi, buat para pecinta sinetron, jangan takut ketinggalan cerita.. Masih bisa nonton kok...

Sawarna sebenernya adalah lokasi wisata pantai selatan dengan wilayah yang membentang panjang. Dimulai dari Pantai Pulo Manuk, Pantai Pasir Putih, Pantai Ciantir & Lagoon Pari (Karang Taraje). Selain itu terdapat 2 gua yang cukup bisa menjadi alternatif, Gua Lalay dan Gua Langir. Dengan icon Tanjung Layar (2 batu karang besar yang berdiri tegak macam layar) dan jembatan gantungnya.

Peta wisata di Sawarna yang update katanya
Tips: Sawarna sangat direkomendasiin buat para photografer (pemula maupun pro), walaupun gak bisa dibilang deket dari Jakarta. Untuk rute, sangat disarankan melalui Sukabumi - Pelabuhan Ratu, karena jalan via Rangkasbitung/Serang masih buruk rupa.. Saking direkomendasiinnya, bahkan ada tarif guide dengan berbagai purpose. Dan yang termahal adalah tarif guide photografer (Rp200.000). Hunting ke berbagai destinasi yang menarik untuk jadi objek foto

Penilaian untuk masing-masing tempat wisata, bisa ditanyakan PM kayaknya.. Tapi akan lebih asik klo gw tidak mengkontaminasi terlebih dahulu... Datang, lihat, rasakan dan nilai lah kemudian... Coz ekspektasi tiap orang bisa berbeda-beda..

Jam 2 PM, gw balik ke penginapan. Mandi n sholat, coz jam 2.30 dah kudu cabut balik ke "peradaban", dengan fasilitas nebeng gratis... Yup, si babeh yang punya penginapan mo balik ke Sukabumi di jam segitu... Why not.. Ngikut lah gw.. Irit ongkos dengan kondisi yang better (bisa tidur normal dengan musik dipasang sewajarnya).

Jalan ke Sukabumi ternyata ngelewatin Pelabuhan Ratu.. Dengan kondisi 95% aspal yang masih hitam kelam.. 1 yang bisa gw komentarin soal si babeh.. Umur sekitar 45-50 thn, bawa mobil diatas 60 km/jam dengan tikungan, bis kanan kiri, pegang hp n makan kacang... Lupa ngerem apa maniak nyetir, tuh si Babeh???

Jam 5.30, gw sampe di terminal Sukabumi.. Cari mobil yang ke Cirebon yang ternyata udah kagak ada... Cileunyi, itu destinasi terakhir gw. Pilihan pun beralih ke Terminal Pasar Hayam, berharap masih ada bis dari Kampung Rambutan - Garut yang lewat situ.

Bis Sukabumi - Bandung dengan tarif Rp8.000,- nganterin gw ke tu terminal. Duh, nie mata.. Tiap duduk, merem mulu bawaannya... Gak lucu kan klo tiba-tiba gw bangun dan sampe Bandung, bukan Cileunyi...

1 jam nunggu, bis Do'a Ibu pun dateng dengan tujuan Tasik (klo gak salah... agak gak peduli juga sih sebenernya..). Duduk di belakang, dah jadi jurus gw tiap kali naek bis sendirian.. Aman dan nyaman menurut gw.. Tidur pun gw lanjutin..

Sampe Padalarang, mata pun melek... Dan gw ngerasa kalo nie kernet bae banget... Kagak bangunin gw yang emang tibra dalam tidur.. Sampe gak doyan duit gitu.. Daripada dosa, gw poke deh tu kernet.. Kena tarif Rp24.000,- sampe Cileunyi..

@ GTO Cileunyi, call my real Babeh buat minta di jemput... Butuh rebahan se-rebah-rebahnya... ASAP... But, sadar gak loe klo dari awal gw tulis ini catper, kagak pernah gw sebut soal biaya makan??? Liat lagi deh ke atas... Ada apa kagak???

Hehehehe... Kagak ada kan??? Emang kagak ada, coz emang gw kagak makan... Terakhir makan itu adalah makan siang di hari Jumat di kantin kantor... Dan sekarang dah Malem Minggu, di Cileunyi...

Kesimpulan:
1. Solo trip itu butuh niat yang full, amunisi informasi sebanyak mungkin dengan berbagai alternatif. Hapus rasa takut or khawatir, karena "Let's get lost" mungkin akan jadi sesuatu yang indah dan bermakna untuk diceritakan kelak..
2. Tidur di bis gak salah, cuman kalau bisa, titip pesen ke kernetnya. Minta sediain seember air klo perlu buat bangunin dari tidur..
3. Jalan malem itu banyak untuk ruginya. Untungnya: gak kena macet, panas, hemat penginapan coz bisa "bermalam" di kendaraan (kalau jalannya lebih jauh lagi, pagi dah sampe lokasi tanpa kerasa sengsara). Ruginya: tidur gak pules, diturunin tengah jalan karena kita orang terakhir yang ada di tu kendaraan n dia mo balik kandang aja.. Apesnya lagi, sampe tujuan ternyata lom pagi alias masih malem...
4. Berbaur dengan lingkungan (sedikit jadi bunglon, gak ada ruginya kok). Kali bisa dapet "keuntungan" tambahan berupa tebengan gratis misalnya..
5. Jangan bawa terlalu banyak gembolan.. Coz kita jalan solo.. Coba buat gak terlalu mencolok sebagai seorang musafir.. Ini berkaitan dengan harga... Makin keliatan kota, makin lah loe diketok... Mo cari murah, malah ngegembel beneran karena keabisan duit..

Demikian catper ini gw buat dengan sejujur-jujurnya, ada adanya, dan semoga bermanfaat. Fotonya nyusul pekan depan... Gak asik, gak ada gw-nya sih... Heheheh... Fotographer bodong ya begini nih...

Wassalam..

5 comments:

  1. Hohohoho jalan-jalan terus ini si bos xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan jalan-jalan, cuman tadabur alam doank kok.... heheheh... ngeles yang indah tuh...

      Delete
  2. Replies
    1. samuhun, mas.. tp da resep, jadi aya carita upami tos sepuh ka incu... heheheh...

      Delete