Wednesday, September 4, 2013

Ngalayang Kakalayangan

Rafting, dah biasa di denger orang... Hiking, napasnya pendek dengan lutut agak tremor... Diving, kemahalan.. Climbing, baru sebatas manjat pager rumah... So, mo ngapain donk kita???

♪..
I believe I can fly
I believe I can touch the sky
I think about it every night and day
Spread my wings and fly away...

Yup... That song has been insipired me.. Gw mo terbaaaaang...!!!
Seperti biasa, gw infoin via social media soal ide terbang gw ini. Dan terkumpulah beberapa nama kontestan the Next R Kelly.. There were: Titis, Linda, Rara, Rissa, Dewi, Gw, Winda, n Sujito dengan supir gw tarik dari kalangan sendiri demi prinsip ekonomi, Hafiz (temennya ade gw). Tanggal pun telah diputuskan..

Early in the morning, di tanggal 17 Mei 2013, masih dengan mata panda dan rambut gorila, gw nangkring di depan terminal Grogol. Nunggu para nekaters dan mobil sewaan yang baru pada dateng jam 7. Lanjut ke meeting point selanjutnya, SPBU Pancoran..

Mobil yang gw sewa adalah mobil Avanza dengan harga sewa Rp300.000,-/hari lepas kunci (exclude bensin). Harga yang cuman bisa didapetin lewat rayuan manisnya Jeng Tince... Kagak pake depe or deposit alias ane percaye same ente lah...

Pilih posisi yang paling menguntungkan buat naro kepala dulu mumpung nie mobil masih kosong. Supir duduk di pojok kanan di depan stir (duh, gak banget sih loe nulisnya... pake describe posisi supir pulak... gila kok gak sembuh-sembuh...), pendamping prianya duduk samping supir, sisanya ceweks on the background... sutralah...

Selesai jemput rombongan terakhir, masuklah kita ke tol. “Pir, puncak yee...”, dan para ladies pun mulai sibuk bergosip status terakhir mereka. Pancoran sampe Bekasi... Whhhhhaaaattt... Bekasi!!!!

Narsis sesaat, sesat mpe Bekasi
Ya Tuhan... Ternyata supirnya kagak tau jalan... Dia pikir itu tol ada tulisan “Mo ke Puncak, lewat sini aja, Bang...” Gw lupa kalo si Hafiz itu orang Kalimantan, dimana hampir 70% tu pulau isinya hutan belantara... Nyasar pun gak akan ada yang ngeh...

Secara kita dah nyasar sampe Bekasi, mulai sibuk deh untuk antisipasi buka tutup jalur ke Puncak. Google, Tweeter, Radio, FB... Semua dipantengin... Dan berhasilah kita ikut ke dalam kelompok penjaga pintu keluar tol Ciawi... Jalurnya dah ditutup euy...

Tips: jalan pagi itu bagus buat kesehatan, karena klo jalan kesiangan apalagi sampe nyasar, gak sehat buat badan, juga buat kantong karena kudu bayar tambahan bensin... Hindari jam buka tutup tol macam gini klo mo hemat..

Nasi dah jadi bubur, kita bikin lah bubur yang enak buat dimakan... Nampang on highway adalah salah satu caranya. Jeprat-jepret gak kenal posisi... Sampe mobil jalan pun kita gak sadar..

Tampak kiri, jalan yang masih parkir bersama
Kanan jalan pun masih dengan kondisi yang sama... (kesian potograpernya)
Akhirnya, ambil putu sendiri deh kita...
Jam 10-an, kita sampai di Puncak. Lokasi Bukit Paralayang ini patokannya adalah setelah Mesjid At-Ta’awun klo dari Jakarta. Ada papan petunjuknya kok. Dijamin gak akan nyasar sampe ke Garut deh... Harga untuk paralayang ini adalah Rp250.000.-/org tanpa dokumentasi. Tambah Rp50.000,-/org untuk full dokumentasi (video). Durasi terbang sekitar 10-15 menit. Kita terbang dengan cara tandem (berdua dengan instruktur yang berpengalaman). Harga segitu juga include biaya transportasi dari tempat landing balik ke puncak tempat take off. Jaraknya sekitar 15 menit doank kok pakai mobil..
Left - Right: Titis, Winda, Rara, Linda, Dewi, Rissa n Gw
Yang perlu diperhatikan untuk bisa ikut paralayang adalah nyali dan kepasrahan. Bagi yang takut ketinggian dengan level phobia akut, gw sarankan untuk tidak ikut karena akan sangat membahayakan. Tapi selebihnya, ini adalah petualangan yang sangat aman bahkan untuk anak usia 10 thn ke atas.

Jangan sampe gw gantolle di pohon toge deh loe... hehehe...
Faktor cuaca terutama angin juga jadi faktor penunjang olahraga ini karena nie olahraga macam perahu layar, cuman bisa jalan kalau ada angin. Nah, buat yang naeknya, gw saranin makan n minum tolak angin dulu biar wes..ewes..ewes... bablas angine...

Landasan pacunya. Miring ke bawah gitu ya..
Kebon teh dibawah landasan pacu. Alih-alih klo jatoh, masih empuk lah ya..
Untuk bisa terbang via Paralayang, harus antri. Kagak bisa rombongan karena keterbatasan alat yang terdiri atas: helm, parasut dan flight suit (ini tuh bahasa kerennya untuk “kursi” bagi yang terbang tandem).

Persiapan sebelum terbang.. Kumpulin nyali dulu kali ya..
Live traffic report from Puncak.. Arus, lancar jaya..
Foto-foto bisa jadi aktivitas sambil nunggu giliran terbang
Yang lapar lom sarapan atau cari tempat neduh, monggo masuk
Landing area. Parkir dulu ya..
Jadi...
Rafting udah.. Flying juga pernah.. Hiking sering (ke mall sebelah via tangga berjalan).. Climbing-in pohon mangga sampe jambu, hampir tiap bulan (tergantung yang mana yang berbuah duluan). Trus, next-nya apa...???

TERJUN PAYUNG YUKS....

Are you dare???

No comments:

Post a Comment