Tuesday, December 17, 2013

Catper on Belitung - 1st Day

Yap... Belitung...

Itulah tujuan perjalanan gw kali ini.. Berbekal alat snorkel, selembar kertas no telp penginapan & motor sewaan + itin yang ditulis tangan, jalanlah gw, berdua dengan mantan boss (cewek lho..), yang sekarang notabene-nya jadi teman... itulah indahnya menjaga silahturahmi... J

Bandara H.AS Hanandjoeddin

Pesawat berangkat dari Jakarta sekitar jam 10.15 n dengan durasi sekitar 1 jam, sampe lah gw di Bandara H.AS Hanandjoeddin. Dari sekian bandara yang pernah gw injek, nie bandara bisa gw bilang mungil dengan terminal kedatangan dan keberangkatan yang gak melibatkan unsur pusing atau bingung.. Sependek yang gw tau, ke nie bandara cuman ada 3 maskapai yang ngelayanin: Citilink, Sriwijaya & Garuda. Jadi, silahkan berburu tiket murah.. Kalau dapet, infoin ke gw ya... Inget.. Pilihnya: TANJUNG PANDAN, jangan Denpasar.. hehehe..

Ruangan pintu kedatangan
Keluar dari pintu kedatangan, bak layaknya artis, kita "disambut” oleh riuhnya para pencari “rupiah”, nawarin “taxi” antar tudom (red: turis domestik) dari bandara ke kota Tanjung Pandan. Kecuali loe liburan pake agen travel, gw gak larang kok buat lanjutin baca nie blog... hehehe...

Harga taxi dari bandara ke kota sekali jalan cuman Rp35.000/org. Mau isi 1 atau full, segitulah harganya. Kalau loe jago n niat buat nego, bisa jadi dapat harga yang lebih oke lagi.. Tapi, secara gw bukan negoers, harga segitu pun gw iya-in...

Eits... Jangan dibayangin klo taxi di Belitung itu sama kayak taxi pada umumnya... Loe gak bakalan bisa nemuin tulisan taxi diatep mobil atau samping kanan-kiri pintunya, bro.. Taxi disini macam mobil pribadi gitu deh.. Tapiiii...supirnya "canggih"... Punya kartu nama n knowledge soal spot-spot tempat wisata Belitung, lengkap... Telp ke 108 aja bayar... Tanya ke nie supir, gratis cuy... Tanyalah sepuas loe sampe loe di"tendang" keluar pas sampe tempat tujuan..

Kalo kata gw sih, jarak bandara ke kota lumayan jauh, coz rutenya bener-bener gak perlu pake masuk tol n parkir berbayar didalemnya... Tu taxi bisa dikebut diatas 80 km/jam. Gak pake goyang karena aspal tambalan di tengah or kanan-kiri jalan pulak.. N setelah 45 menit di perjalanan (kurang lebih ya...), sampelah gw n my boss di pusat kota Tanjung Pandan. Tandanya, adanya bundaran gitu di tengah jalan (macam bundaran HI kalau di Jakarta sih) dengan tugu batu satam ditengahnya. Eh, ini lom sampe loh... Masih sekitar 15 menit lagi dari tu bunderan ke penginapan..

Karena gw gak pernah nginep di hotel, maka siapa pun yang ngikut gw, gw kasih penginapan. Termasuk untuk trip kali ini yang gw pilih Pondok Idaman 2. Nie penginapan konon katanya penginapan lama. Banyak orang yang tahu lokasi nie PI 2 (nickname-nya nie penginapan... bacanya macam loe sebut Pondok Indah klo disingkat... keren kan??). Kalo sampe nyasar, gampang lah nanyanya...

Ini penginapan hari pertama gw dengan tulisan hotelnya
Arah ke belakang - beach view
Bukan ini kamar yg gw sewa.. Mahal soalnya klo yg ini..
Gazebo yang ada di belakang penginapan - mengarah ke beach
Harga kamar standard yang gw ambil adalah Rp250.000/malam. Fasilitasnya menurut gw sih lengkap coz pake ada water heater-nya segala.. Trus, persis di halaman belakang PI 2, kita bisa liat laut ternyata.. (jangan tanya nama lautnya apa, kagak pake tuker kartu nama soalnya.., tapi tebakan gw sih itu selat gaspar.. coba tanya ma guru geografi loe deh..)

Motor matic bakalan jadi alat transportasi gw selama di Belitung yang gw sewa dengan harga Rp85.000/24 jam diluar bensin. Helm disediain 2 biji. STNK dapetnya yang fotocopy-an bolak-balik. Harga bensin disini sebenarnya standard untuk premium, tapi karena pom bensin pertamina amat sangat jarang, jadilah gw isi bensin di pertamini (bensin eceran pinggir jalan) dengan harga Rp7.500/liter. Di akhir perjalanan gw, ternyata gw bisa dapet harga sewa motor matic cuman Rp65.000/24 jam... Okelah... Next time gw tagih tu motor..

Setengah hari pertama gw di nie pulau, dimulai dengan cari tempat buat makan siang. Gw baca itin yang gw tulis pake tangan, n Mie Atep ternyata ada di posisi puncak.. Gw bawa motor ke pusat kota Tanjung Pandan. Entah kenapa dikasih nama Mie Atep... Secara, letaknya gak di atep ruko padahal.. Kalo untuk alamat, nie Mie ada di Jl. Sriwijaya, gak jauh dari bundaran "HI"-nya Belitung (ada di sebelah kiri jalan pokoknya). Seporsi Mie Atep kena charge Rp12.000.

Mie Atep Belitung
Makan lom lengkap klo lom minum.., "Es jeruk kunci-nya 2 ya..". N refleks aja gw ngangguk sebelum ditanya ma si boss.. Gak pake lama, tu mie n gelas jeruk dateng.. Mienya enak, es jeruknya seger.. Murah pula. Cuman Rp4.000/gelasnya (ya mo mahal juga, loe kan emang nebeng cuy buat makan selama disitu...)

Tips: Karena tu jeruk dicampur sama bijinya, sedikit repot lah pas minum. Rebutan masuk ke sedotan soalnya.. Nah, sebelum loe minum, better loe sabar dikit dengan ambil sendok n "mancing" biji jeruk kunci keluar dari gelasnya dulu. Eia, nie jeruk tetep aman kok buat yang kena maag biarpun asem... 

Es Jeruk Kunci - Segernya...
Jam 2 siang, perjalanan menyusuri pantai pun dimulai dengan target pertama, Pantai Tanjung Tinggi. Dari pusat kota ke tu pantai makan waktu sekitar 1 jam-an dengan kecepatan rata-rata diatas 60-80 km/jam (jalanan yg super mulus n no macet, idaman bikers macam gw.. sampe lupa ngerem kadang..) 

Sepinya traffic n mulusnya jalan... Mimpinya org Jekarteh nih..
Untuk jadi backers & bikers di satu waktu yang sama di Belitung, bukan hal yang susah. Petunjuk jalan ke tempat wisata sih cukup jelas. Cumaaaannnn.... Gak ada plang "Welcome/Selamat Datang" gitu di tempat wisatanya... Beberapa kali, gw n si boss bablas... Kudunya belok, ini malah lempeng... Saru sih... "Ini jalan ke pantai apa ke rumah penduduk, ya??" Disini juga gak ada loket tiket a.k.a GRATIIIIISSSS my maaannn... Cinta dah gw ma nie pulau... Hahahahah...

Di Tanjung Tinggi konon dulunya dipakai syuting 2 film Indonesia, Laskar Pelangi & Sang Pemimpi. Wajar sih, coz tempatnya emang luar biasa... Batu gede saling tumpuk.. Ada dimana-mana disepanjang pantai.. Pasirnya putih cem gula alus buat bikin kue bolu gitu deh...

Iconnya di Tanjung Tinggi - Laskar Pelangi
Batu Super Gede..
Soulmate.. Batu & Sebatang Pohon
Pasir putih & halus di Tanjung Tinggi
Pantainya aman buat anak kecil berenang
Yeaaahhh... I love my beach..
Saling tumpuk, saling tindih, tapi gak pake ribut..
Start as my boss, and continue as my friend.. Thank you, Bu..
Jam 4 sore, tu mie atep kayaknya dah terbang beneran ke atep.. Lirik itin gw n nemu tulisan "RM Rindu Pantai di Tanjung Tinggi".. Acara hunting pun dimulai. Dari ujung ke ujung.. N ketemuuuu... Bahagianya..

FYI aja nih... Kali ada yang mo traktir gw makan, jangan pesenin gw ikan, ya.. Gak bakalan kesentuh sama sekali deh sama gw mah... My boss tau itu.. N My boss pesenin kita makanan "sederhana" dengan porsi jumbo.. Udang Bakar & Kepiting Saus Padang gak pake nasi... Mpe ngalah gitu dia soal makanan ma gw.. hehehe... Jadi gak enak.. Mau malu, tapi dah lapar... 

Ini yg gw maksud "JUMBO".. Kepiting 1 kg buat kita berdua..
Kalo kata gw, ini sih sate udang. Bukan udang bakar lagi..
Makan sore kali itu kita bayar Rp164.450 include pajak... Hebatnya pemda sini... Tau seni cara cari "nafkah". Kebayang kalo warteg di Jakarta dikasih pajak.. Harga nasi rames isi tempe orek n sayur toge, berapa ya???

Jam 5 sore, kita pun balik ke penginapan secepatnya. 1 jam diperjalanan dengan kondisi sepi + kemungkinan jalanan yang gelap gulita, sedikit bikin horor n khawatir sih. Tapi alhamdulillah, semua lancar. Jam 6 lewat, sampe lah kita di penginapan. Saatnya lurusin body..

End of the 1st day on Belitung... N I LOVE IT...

Tunggu cerita hari kedua & ketiga, setelah rematik gw ilang ya.. Suer, kudu pasang koyo dulu nih...

Wassalam,

1 comment:

  1. tamiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii....kabita ih!!!!

    ReplyDelete