Friday, December 20, 2013

Catper on Belitung - 2nd Day

Saatnya kita melaut

Jam 8 pagi kita pun check out dari hotel setelah sarapan pagi sederhana dan standard (roti bakar & nasi goreng dengan teh manis hangatnya). Handuk basah gw “jemur” diatas tas ransel. Biar kata orang gw jorok, buat gw yang penting tu handuk kering n bisa dipake acara mandi selanjutnya.. Melajulah gw n si boss ke Tanjung Binga untuk acara hoping island ke Pulau Lengkuas n kawan-kawan..


Gak perlu pake nyasar ke nie tempat, coz nyasarnya dah gw lakuin kemaren hari pas mo ke Tanjung Tinggi.. Hehehehe... Tanjung Binga ini macam Muara Angke lah klo di Jakarta sih. Tempat nelayan tradisional menambatkan perahu-perahu mereka. Nah, klo lagi gak cari ikan, ya cari duit cash deh dengan jadi tukang sewa perahu antar jemput perahu di acara hoping island-nya para tudom & tuman (red: turis mancanegara). Tarifnya pun bisa di nego..

Perahu tradisionalnya.. Max bisa nampung 15 org tuh..
Email pagi dulu..
Gw dapet harga Rp400.000/perahu untuk ketiga pulau yang memungkinkan dipijakkan oleh kaki kita. Lengkuas, Burung & lupa 1 lagi pulau apaan. Kenapa cuman 3? Bukannya ada 5 ya yang terkenal??

Ember, ada 5 pulau.. Yang sisa 2 lagi itu (Pulau Pasir & Pulau Batu Berlayar) cuman “tayang” pas aer lagi surut.. Kalo lagi pasang, yang keliatan batunya doank. Trus, kata si mpunya perahu, beberapa hari ini cuacanya lagi kurang bersahabat.. Kalo cuman ujan sih masih gpp. Angin kencengnya itu yang bikin ngeri.. Tawaqaltu & Bismillah deh gw klo dah begini infonya.. Cuman bisa DUIT.. Doa, Usaha, Ikhtiar & Tawakal..

Jam 9.30-an, perahu pun berlayar, bawa gw n si boss ke Pulau Lengkuas. Ombaknya masih aman, gak terlalu bikin gw mabok laut.. Anginnya juga seger.. So far, masih sesuai harapan lah.. Dari pelabuhan sampe ke Pulau Lengkuas, makan waktu 30 – 45 menit. 

Candid foto mulu yak gw...
Di tengah laut aja ada batu gede..
Ini nih batu yang kayak burung yang gak kayak burung..
Pulau pertama.. Lengkuas Island
Pulau Lengkuas terkenal karena icon mercusuar n kondisi pulaunya yang indah. Disini, biasanya tuman & tudom, memanjakan diri dengan jalan kaki menyusuri pulau yang gak terlalu luas, maen-maen aer laut atau jeprat-jepret selfie di deket batu yang gede-gede. Pasirnya putih walaupun gak sehalus pasir yang ada di Tanjung Tinggi. Yang mo ngaso, bisa hambur-hambur duit dengan beli kelapa muda dengan harga Rp12.000/biji

Dah gak sabar gitu.. Ninggalin gw sendirian di belakang..
Spot khasnya Pulau Lengkuas selain Mercusuarnya
Batu di sebelah kiri
Batu di sebelah kanan
Kolam mandi yang gak perlu pake dikuras
Batu di depan.. Dimana-mana batu...
Kalo ada pantai, pasti ada kelapa
Lagi liburan, tetep aja gak tenang
Gw n si boss milih buat naek ke Mercusuar sehabis puas selfie dengan jadi artis kalendar 2014 berlatarbelakang bebatuan gede. Sedikit pelajaran sejarah nih gw.. Nie mercusuar berdiri dari tahun 1882, tanpa perlu pake koyo karena kram or kesemutan. Para meneer Belanda yang bikin tu mercusuar, n sampe sekarang masih berfungsi.. Bravooo... Awet rajet euy..

Icon Mercusuarnya P. Lengkuas
Berdiri sejak 1882, gak pake koyo
Ada 18 lantai yang mesti ditaklukan untuk sampe puncaknya. Itu pun kudu nyeker alias lepas alas kaki.. Alasannya, ya loe bayangin aja klo penjaga mercusuar kudu sapu-sapu n ngepel 18 lantai tiap harinya... Apa gak gempor tuh..

Wajib nyeker buat sampe ke atas
Jendela "masa depan"
Di liat dari lantai 6 klo gak salah..
Yipppiiieee... 1 lantai lagi, Bro..
Tips: naeknya jangan sambil ngeliat ke atas melulu.. Jangan juga sambil ngitung.. Makin berasa lama n berat, bro.. Mending sambil ngobrol or nyanyi.. Trus, dibawa santai aja naek tangganya.. Coz biasanya, para tuman n tudom semangat diawal trus gembos deh ditengah-tengah karena keburu cape n gak sampe-sampe.. Bikin macet yang mo naek/turun aja..

Sesampenya diatas, tu cape langsung kabur.. hilang n lenyap ditelen indahnya scene yang gw liat.. Biru, hijau n putih dengan sedikit abu-abu, bikin mata gw seger... Agak canggung gw nulisnya... It’s beautiful, amazing, gorgeous, awesome.. Highly recommended.. Pokok’e Top Markotop, prens...

Sempet gemeteran sih kaki pas ambil nie foto..
Kira-kira, butuh berapa lama keliling disitu pulau??
That's our boat.. Lonely no more..
Ngehayal level advance dulu..
Untungnya kali ini gw ambil horisonnya lurus..
Ojek perahu..
Warna aernya.. Ijo tosca gitu..., bener gak sih???
Konsentrasi gw buyar karena gak bisa fokus mo ambil foto yang mana... Gak ada 1 single spot yang bisa bikin gw diem.. Macam anak kecil yang takut gak kebagian angpau lebaran.. Khawatir sangat klo ada “gambar” Tuhan yang Maha Indah ini terlewat untuk gw rekam di benak gw.. Jepretan foto pun akhirnya tersebar ngacak gak terarah...

Gw gak bisa lama-lama diatas situ.. Masih ada 2 pulau lagi soalnya buat gw injek pantainya.. Gw n si boss turun tanpa aral melintang, tapi cukup bikin cape body.. Senggol si boss buat beliin kelapa muda.. “Seger tuh kayaknya, Bu..”, bujuk gw... N berhasil... Beruntung banget gw jalan ma si boss.. Ngerti di rayu sama pemula macam gw.. Heheheh..

Fresh from coconut tree
Pas balik ke perahu, the chauffeur ngasih unjuk hasil “temuan” dia.. Patrick on Belitung.. Kali ini, dia “tampil” tanpa celana kuningnya, alias “naked”.. Ukuran n warnanya pun “fantastic”

Patrick Jumbo
Durinya, palsu.. Kagak tajem..
Next, Pulau Burung yang katanya kayak burung...

Klo dari kacamata gw yang udah rada basah kena cipratan aer laut, itu batu lebih keliatan kayak kura-kura yang berusaha buat terbang dengan kepala nenggak ke atas.. Tapi si boss punya mata yang lebih baik, dia sedikit berusaha keras buat jadi “dosen” dengan nerangin gw soal cara liat tu batu.. Posisi dimana biar bisa dapet the bird theme.. Tetep gak nemu gw.. Kudu ditrace n re-build lagi kayaknya nie “vision” soal tu “burung”..

Macam "Burung", kah???
Nemu another "Patricks.."
The Patrick's Family..
“Penjajahan” ke pulau terakhir di acara hoping island ini tidak berjalan sesuai rencana coz gerimisnya dah mulai turun.. “Pulau lupa nama” yang tidak berhasil gw taklukan.. Tunggu April taun depan.. Gw mundur bukan kalah... Gw mundur karena ujan... Hahahah..

Pulau yang gagal ditaklukan
Mau "ngejajah", eh kalah ma gerimis..
Sekitar jam 12 lewat, gw, si boss n perahunya berhasil kembali ke pelabuhan. Gerimisnya ternyata cuman gertak sambel terasi doank.. Baunya bikin orang macam gw gak mo nyobain.. Ambil motor di rumah si mpunya perahu n minta contact person yang akan gw ceritain @ the end of our journey. Bukit Berahu is our next destination.. Rencananya sih begitu..

Jarak dari Tanjung Binga ke Bukit Berahu itu gak jauh. Bisa dibilang tetanggaan.. Di Bukit Berahu itu ada restoran n cottage yang kita mo cicipin.. Makanannya...

Sedikit aneh gw ma nie tempat.. Tumben ada plang-nya.. Belok kiri klo dari arah Tanjung Pandan. Masuk ke semacam jalan kampung beraspal. Kita ikutin tu jalan makin lama kecium bau yang gw gak suka... Amis ikan... Pengen tutup idung, tapi gw harus sedikit kasih respect lah sama daerah yang gw datengin.. Gw pilih tahan napas aja.. Toh mereka orang gak tau juga klo gw nahan napas karena amisnya tu udara..

Diujung jalan, cuman ada 1 belokan, ke kanan.. Ke kanan lagi.. Trus keliatan deh rumah yang mpunya perahu... Lhoo...lhoo... Kok ya ini cuman muter-muter disitu doank??? Dimana tu Bukit Berahunya...???

Cape kaget n ketawa... Gw putusin buat ke tempat yang jelas-jelas aja... Tanjung Kelayar.. Makan siang disana yang jujur, gw gak pernah tulis klo ada tempat rekomendasi buat bikin lidah bergoyang or perut menari.. Whatever.. Tancap, Taaaammmm....

Cuman 15 menit doank buat sampe Tanjung Kelayang dari Tanjung Binga. Dan kembali, klo bukan karena jalan buntu, dah pasti gw bawa si boss nyasar... Kagak ada plangnya... Lagi... Berapa sih harga bikin plang “Welcome To Tanjung Whatever”?? Tobat dah..

Kalo ada Muara Angke, pasti ada Ancol donk.. Nah ini lah Ancolnya Belitung... Tanjung Kelayang.. Banyak mobil agen travel dengan isi bule dan pa’le gitu disini.. Cari kulit gosong jauh-jauh dari “kampung”nya mereka..

Target gw di nie tempat adalah buat isi perut. Gak jauh dari tempat parkiran, ada 1 rumah makan yang gw n si boss saling nanya.. “Ini beneran rumah makan ya? Sepi bener..” Pesen apapun, rata-rata jawabannya, “Abis”, “Kosong”, “Gak sedia”... Niat dagang gak sih??

Rada don’t care gitu gw ma kondisi menu di tu tempat, ngacir lah gw ke pinggir pantainya.. Jeprat-jepret gak jelas.. Coz gw mah percaya sama pilihan menunya si boss..

Peta wisatanya Pulau Belitung
Saung sederhana, buat nikmatin pantainya
Cottage yang ada di Tanjung Kelayang

Bule & Pa'le aje kesini..
Saking panasnya, putihnya pasir bikin mata nyengir, bibir silau..
“Tamiiii...!!!”.. “Alarm” gw dah bunyi tuh.. Saatnya duduk tenang di depan meja makan.. N ternyata si boss pesenin menu yang kurang lebih sama dengan menu breakfast di penginapan. NasGor + Ayam Bakar.. Penilaian gw n si boss sama.. Gak nendang euy rasanya.. Padahal dateng dalam keadaan lapar sangat itu kita..

Tapi, ya sudahlah.. Ada penghibur lain yang siap menjamu kita di ujung pantai Tanjung Kelayang ini.. Another batu super gede lainnya..

Kayak tipikal pantai di Belitung lainnya, nie pantai juga idem. Pasirnya putih, dengan ombak yang aman buat dipake berenang + batu-batu gedenya. Bedanya, nie pantai panas.. Dateng pas matahari ada di ubun-ubun gw sih..

Kacamata item + topi, wajib dipake
Batu gede yang ada di ujung pantai Tanjung Kelayang
Kuatnya tu batu kecil ditiban ama batu gede..
Tumben mau dipoto gak pake candid
Ini style bukan mo cari sinyal loh ya..
Kapan ya surutnya?? Jadi kan gak perlu sewa "ojek" buat kesono

Kalo di Jawa dah jadi bahan pondasi rumah tuh
Ci... Luk... Ba.... !!!
Monggo diitung, ada berapa batu tuh disitu??
Kalo gak bawa ransel, pengen naek ke atas tu batu..
Bales BB dulu.. Mumpung dapet sinyal..
Jadi, kapan ente mo kesini???
Si boss juga sempet “belanja” teripang buat oleh-oleh yang gw liat macam buah asem.. Item-item memanjang gitu.. Gak menarik deh buat dijadiin oleh-oleh.. Katanya klo ngolahnya bener n bisa, rasanya enak... Oalah... Dimakan toh??? Gw pikir buat dijadiin gantungan kunci... Wkwkwk..

Jam 2-an, gw ajak si boss buat balik ke kota.. Mending cari makan yang beneran disana. Tujuannya adalah RM Timpo Duluk. Ada di list itin gw soalnya.. Alamatnya di Jl. Mat Daud, Tanjung Pandan (samping Apotek Karunia). Sampe sejauh ini, modal gw kemana-mana cuman mulut.. Tanya sana-sini sama penduduk setempat. Tapi, untuk kali ini, nampaknya gw butuh bantuan mbah google dengan gps map-nya..

Secara gw megang stir batang (bukan stir bunder), GPS gw serahkan ke si boss.. Create & baca coding level expert, masa baca peta kanan-kiri doank harus gw ragukan sih???

Nih, gw kasih gampangnya deh ke loe buat ke tu tempat.. Coz waktu gw kemaren, dah pake muter-muter sotoy dulu karena nyari pom bensin buat buang “sisa kehidupan”. Temuin dulu yang namanya “Bunderan HI” yang ada pos Polisi di sisi jalannya. Dari situ, ambil ke kiri.. Truuuuusssss aja, gak usah pake belok-belok.. Cuman 5-8 menit harusnya loe dah bisa nemuin tu RM dari pos Polisi tadi. Dia ada di ujung jalan, disisi kiri, persis disamping Apotek Kurnia. Oia, mohon dipersori ya.. Gw gak sempet fotoiin bangunannya... Terlalu lapar soalnya..

Menu nie rumah makan, katanya khas Belitung semua.. Dan kembali, peran aktif si boss untuk urusan pesan makanan tiada gw ragukan.. Kesan tempo dulunya keliatan dan berasa banget. Macem-macem alat yang dulu pernah dipake sama orang tuanya orang tua kita, kayaknya ada semua disitu. Lengkap dengan namanya, buat yang gak tau namanya apa.

Sepeda aja mpe nempel di tembok
Jam gadang versi mini & perabot jaman jadul lainnya
Tempat tissue eksentrik
Es Jeruk Belitung
Menu pesenan si boss..
Berego
Iga Bakar
Gangan Mangkok
Mak Nyussss...
Gak lama nunggu, makanan pun tersaji di meja.. Berego Rp12.000, Gangan Mangkok Rp30.000, Iga Bakar Timpo Dulu Rp22.000 & Es Jeruk Belitung Rp5.000

Agak susah gw ngejelasin Berego.. Katanya sih dibuat dari tepung beras yang digulung dengan kuah santan dengan rasa yang cuman boss gw yang tau.. (kagak berani nyicipin gw..). Gangan Mangkok ini, rasanya macam sayur asem tp gak asem kayak sayur asem... Nah loh.. Bingung kan loe.. Isi tu mangkok ada udang yang banyak kalo kata gw sih, nanas tp dah ilang rasa nanasnya.. N suer, gak enak banget tu rasa nanas di tu mangkok.. Cuman mo ambil rasa asemnya doank kali ya.. Gak tau juga deh gw.. Iga bakar sih, kayaknya sama aja dengan ditempat laen.. Begitu pula dengan es jeruknya.. Mo dikasih judul Es Jeruk Tanjung Pandan or Es Jeruk Rasa Jadul.. Tetep aja isinya jeruk peres pake es.. Total yang si boss bayar di tu rumah makan Rp81.400.. Puaaassss... Kenyang.. “Makase ye Ngulak agik ye” ß itu tulisan di struknya.. Artinya apa??? Jangan lirik gw ye..

Jam 4.30 sore, itin gw selanjutnya adalah ke Batu Mentas.. Tempat ekowisata hutan hujan tropis, outbond & river tubing area.. Tapi yang bikin gw masukin nie tempat ke itin gw adalah, Rumah Pohonnya, cuy.. Gw pengen ngerasain jadi Tarjan.. Biar pun cuman semalem doank..

Jarak jalan aspalnya sih lumayan jauh kalo dari kota, 30-45 menit dengan kecepatan 60-80 km/jam. Tapi kalo dari bandara, deket banget. Paling 15 menit doank dah nyampe. Nie tempat ada di daerah Badau, n ternyata klo loe mo ke Manggar, nie jalan bisa jadi jalan alternatif..

Hampir bablase lagi.. Tapi sedikit tertolong karena bawa motor pake logika.. Ajaran si boss waktu masih kerja ama dia.. Plang tulisan “Batu Mentas” dari arah gw, tanda panahnya ke kiri.. Tapi karena gak yakin kudu belok kapan n dimana, gw putusin buat terus jalan, coz di depan gw ada plang dengan tulisan “Batu Mentas” yang nyuruh belok ke kanan.. Oke.. Logikanya, belokannya harusnya ada diantara tu dua plang.

Kenapa gw gak yakin kudu belok kapan n dimana??? Coz, itu jalan ke utan, neng... Jalan aspalnya “menghilang” dan berganti dengan jalan aspal KW 5.. Walaupun masih bisa dibilang, “Ini aspal, loh...”

Dari belokan utama ke dalemnya takes about 10 minutes kayaknya.. Jalannya cuman cukup buat 1 mobil doank. Trus aja masuk.. Gak usah belok kemana-mana lagi... ¼ jalan terakhir, mulai ilang beneran aspalnya... Yang ada tanah merah yang udah padet.. Klo ujan, pasti licin ini mah.. Di ujung jalan, ada tulisan “Selamat Datang di Batu Mentas”... Akhirnya... Ada plang juga di nie tempat..

Di tu tempat, ternyata gw n si boss dah ditunggu ma yang punya.. Pak Ade namanya.. Ngobrol ngaler ngadul, ngetan ngulon.. Saatnya dia anter gw n si boss ke “peraduan”.. Safari Tent ternyata kita dapetnya, bukan tree house inceran gw yang katanya masih dalam tahap renovasi akibat banjir yang nerjang tu tempat beberapa waktu yang lalu..

Safari Tent-nya amazing banget... Macam hotel tapi ditaro di tengah utan.. Ada water heater dengan kamar mandi shower + toilet duduk, ranjang “honey moon” yang empuk kasur n bantalnya, lampu yang digantung ditengah tenda, dan yang terakhir.. Meja n kursi buat leha-leha di terasnya..

Our "Hotel" @ Batu Mentas Forest
Ditemenin kopi atau teh manis anget... Sesuatu banget...
Samar-samar, klo diliat dari luar
Listriknya terbatas... Di hemat, cuy..
"Kamar Mandinya"
Ranjang "Honey Moon"
Sementara my boss have a little chat with Pak Ade, gw ambil peran gw sebagai turis.. Foto sana-sini, berusaha mengabadikan apa yang gw lihat dan mentransfernya ke sesuatu yang bisa orang laen nikmatin juga... Persis di depan tenda, ada semacam kolam dengan aer dari kali yang amat sangat jernih berwarna kehijauan.. Suasananya tenang.. Terapi alami penghilang stress nie tempat..

Our private "pool"
Lagi ngitungin ikan kayaknya si boss..
Setau gw dari hasil browsing sebelum kesini, harga safari tent-nya itu lebih mahal ketimbang harga tree housenya. Kalau tree house Rp400.000/malam untuk 2 org, nah safari tent Rp800.000/malam untuk 2 org juga.. Gw langsung lirik si boss.. Berharap dia mo nambahin sisa kurangnya... heheheh..

Pak Ade bilang, klo soal listrik standar di utan. Idupnya pake genset yang maks mpe jam 10 malem. Tapi di tu tenda, ada aki (lupa gw nama ilmiahnya apaan..) yang bisa dipake buat nyalain lampu tidur 5 watt.

Jam 7-an, si mboke dateng ke tenda ngajak kita makan malem... Antara sial atau beruntung, gensetnya ogah idup... Jadilah kita ber-battery light dinner.. Semeja berdua doank, gak pake lilin coz emang gak ada lilinnya.. Mo gw bilang romantis sih.. Tapi si boss yang duluan nyeletuk... Hahahaha... #tepokjidat

Hari ini gw akhirin dengan pasang film “Now You See Me” dari laptop gw.. Berdua ma si boss diatas ranjang... Gila kali ya gw... Isi tas ternyata laptop.. Pantes berat..

Tips: di nie tempat have no signal at all. Matiin HP or other gadget will be a smart choice. Secara, listriknya pun senen – kemis idupnya.. Bawa Autan jangan lupa.. Walaupun loe tidur di “Hotel”, tapi alamatnya di Hutan, Bo’...!!! Nyamuknya invisible, tapi sekalinya gigit, bikin kesel... Sueeerrrr...

Met Malem Belitung... Met Malem Nyamuuukkk...

Beuh, dia baru gigit kaki gw...


Wassalam,

2 comments:

  1. mbak, minta CP untuk di Batu Mentas dong.. rencana mau kesana soon.. thanks

    ReplyDelete
  2. Bisa dengan Pak Ade - 081949189456 atau 085273394442. Ini link-nya kalau mau lihat-lihat dulu: http://batumentas.wordpress.com/

    Semoga membantu.

    ReplyDelete