Saturday, March 15, 2014

Catper on Belitung - Finish

The Last Day on Belitung

Bangun pagi di hari minggu, sempet kaget.. “Dimana ini gw???”.. Maklum, nyawa lom kumpul tapi otak dah dipake mikir duluan.. Ke kamar mandi, aernya lom nyala.. Ngacir lah gw ke kali depan “Gubuk”... Hahahah... Tapi sorry, ini cuman terjadi di hayalan gw doank ternyata.. Mana lah gw tega mengotori alam... Gw emang kadang rada go-blog, tapi pecinta go-green.. J

Hari ini rencananya adalah, “River Tubing” activity di sungai yang airnya bersumber dari Gunung Tajam. Jarak yang gw mo tempuh adalah yang terpanjang (red route: 20 menit trekking + 90 menit river tubing).

But before that, gimana kalau kita nyarap dulu? Menunya, mie rebus + telor udah cukup kayaknya buat ganjel. Tanpa pake basa-basi mandi, meluncurlah gw n si boss ke meja makan. Eits... Mandiin badan emang boleh di skip, tapi yang namanya “mandiin” gigi pake odol, hukumnya fardhu ‘ain, Bro..

Eia, ada sekilat inpo nih dari gw. Di nie tempat juga ada kegiatan penangkaran Tarsius.. Tau gak loe Tarsius itu apaan? Cekidot gambar dibawah ye klo mo liat mahluknya. Ini pun gw ambil dari situs mpu-nya tu tempat (http://batumentas.wordpress.com/)

Lucu imut gimanaaaa gitu nie mahluk...
Ini yang gw ambil dari mbah google (https://en.wikipedia.org/wiki/Tarsier). Loe terjemahin sendiri deh ya ke ur mother language.. Intinya sih, ini mahluk udah hampir punah. Purba pulak kata si Pak Ade. Ukurannya yang kecil, bikin gemes n pengen nge-remes... Kepalanya bisa muter 3600 gitu... Hebat ya... Gak bakalan pernah keseleo or salah urat dong tu mahluk..

Namanya juga sekilat inpo, jadi ya gw cukupkan sampe sekian pelajaran sejarah, biologi n geografinya. Monggo ditanya ke mbah aja nanti, ya...

River Tubing sendiri bisa dipilih sesuai maunya kita. Ada 3 paket yang mereka sediain. Red, Green & Blue Trek. Red adalah pilihan yang suitable buat gw kayaknya (sorry mam... dijamin seru deh... heheheh...). Kalau yang Green, lebih santai. Gak begitu banyak riak or batu yang kudu dilewatin. Tapi masih dapet lah basahnya mah. Nah kalau mau cuman keciprak-kecipruk doank, pilihan jatuh ke Blue. Aernya bersih, dingin n ngalir gak terlalu deras. Buat bocah SD or TK sih pasti aman.

Back to our tubing activity.

Berbekal hp mini pro gw buat narsis n dokumentasi ala kadarnya, pemanasan pun dimulai. Trekking selama kurang lebih 20 menit. Masuk ke hutannya, nyeker, Cuy... Pohon dengan ekosistem hutan basah (apa emang basah karena hujan semalem, ya?) ada di kanan-kiri jalur trek gw. Jepret sana-sini, pake front camera buat selfie macam omama-obama..

Gak pernah gw kepikiran bahwa tu kamera gak akan basah karena ada waterproof bag yang dibawa sama guidenya.. Ternyata... itu jadi kali terakhirnya gw pake my own front smartphone camera...

No plastic bag, apalagi waterproof bag... Pasrah lah gw dengan nasib my smartphone... Langsung ngebayangin gentong beras (secara gw gak punya hair dryer, jadinya yang kepikiran ya tu gentong beras) buat vacum water. Oke, biar gw gak ke setrum, gw pateni dulu tu xperia trus masuk lah dia ke kantong celana gw... Include aer sungainya... #hadeuh...

Arus di fase pertama agak tenang... Aernya seger, dingin, bening n jernih... Kudunya tadi bawa sabun n shampo, mandi ala Nawang Wulan deh gw...

Batunya gede-gede, yang kadang bikin ban kita nabrak karena di dorong arus yang makin lama makin kenceng... Ini baru tubing... #teriakgw

Kadang, diperlukan usaha extra keras biar bisa keluar dari sela-sela batu yang ngejepit ban, naek turun mpe loncat dari batu super gede... Andaikan my xperia idup...

Tips: kalo loe pernah rafting, ini juga sama... Butuh dikayuh biar bisa jalan faster. Nah kayuhnya pake tangan n kaki. Macam berenang aja, tp dengan posisi badan loe ada di atas ban. N don’t freak out, ok... Makin loe freak out, makin bikin acara tubing loe sengsara... Tenggelem adalah sesuatu yang mungkin terjadi.. Suer, gw gak bo’onk..

Kenapa gw sebut “freak out”? Kadang, saking deresnya arus dengan adanya jeram di depan, kadang loe bisa kebalik jumpalitan. Minum aer mineral gratis nanti acaranya..

The Pool
Learning to be Tarzan
Ada banyak batu yang lebih gede dari yang gw fotoin
The most extraordinary spot menurut gw adalah pada saat harus loncat dari batu gede yang ada di tengah-tengah sungai. Nengtengin tu ban gede n naek ke batunya trus loncat. Next, gw bakalan minta aksi lompat batu gw di abadikan... Grand total, gw kasih nilai 8 dari 10 untuk river tubing disini.

Setengah hari ini, gw have fun bangets. Belitung kasih gw petualangan n cerita yang lengkap. Dari laut ke sungai. Kuliner n penginapan yang out of my imagination. Dan ditutup dengan hilangnya my handphone... Hahahaha...

I wish, ticket pesawatnya gak semahal sekarang... Belitung will be my favorite destination... And sorry, fotonya gak banyak di nie tempat, secara hp gw "berenang" duluan ke alam baka...

N berikut ini list biaya yang gw n si boss keluarin selama di Belitung (Desember 2013):

Transportasi:
1. Taxi (mobil pribadi agen travel) bandara – penginapan/pusat kota: Rp35.000/org
2. Sewa motor yang dapat diatur dengan pihak penginapan:
  • Matic: Rp85.000/24 jam (start dari waktu serah terima kunci)
  • Manual: Rp75.000/24 jam (start dari waktu serah terima kunci)
3. Sewa mobil (bila diperlukan): Rp250.000 s/d Rp350.000/hari (exclude supir dan bensin)
4. Bensin: Rp7.500/liter à isi full 3 liter/hari yang bisa digunakan keliling pantai hingga kembali lagi ke kota Tanjung Pandan

Penginapan:
1.    Pondok Idaman 2: Jl. Patimura - Rp250.000/malam include breakfast, AC, water heater, TV (untuk 2 org)
2.    Indo Safari Tent: Batu Mentas - Rp900.000/malam exclude makan (maks 4 org)

Kuliner:
Mie Atep Belitung: Jl. Sriwijaya
1.    Mie Atep: Rp12.000/porsi
2.    Nasi Tim: Rp12.000/porsi
3.    Es Jeruk Kunci: Rp4.000/gelas

RM. Rindu Pantai: Pantai Tanjung Tinggi
1.    Kepiting 0,85 kg (2 ekor): Rp93.500
2.    Udang 1 kg: Rp50.000
3.    Teh Manis: Rp4.000/gelas
4.    Teh Tawar: Rp2.000/gelas

RM. Timpo Duluk: Jl. Mat Daud, Tanjung Pandan (samping Apotek Karunia)
1.    Iga Bakar: Rp22.000/porsi
2.    Gangan Udang: Rp15.000/porsi
3.    Es Jeruk Belitung: Rp5.000/gelas

No comments:

Post a Comment