Sunday, June 1, 2014

Goes To UK without Passport

Ke UK without visa or passport???


Yup, kali ini UK gw sambangin pake Angkot, Elf, Perahu, Kano n Bis. Lalu, UK macam mana itu? Ada big ben-nya gak? Ketemu sama Mr Bean kah? Let’s check it out, My Man...

Di saat Jakarta dilanda ujan, angin kenceng n macet dimana-mana efek dari banjir, gw melakukan perekrutan personil Bolangers untuk sharing cost ke UK. Dan terkumpulah fixed 12 orang nekaders. Tanggal keberangkatan ditetapkan di 30 Januari 2014 (balik ngantor) sampe tanggal 2 Februari 2014 (total 3D – 2N). Ke-12 org itu: Nando, Meliza, Syamsul, Gede, Gadael, Neo*, Gw (all Visioneters), Dewi, Opie, Nuniek, Wina, Ksatria (LK & Fams). Di detik-detik keberangkatan, Om Neo mendadak batal ikut coz ada hal urgent yang gak bisa ditinggal.

Itinerary, gw bikin hasil googling. Sambil ngehayal bahwa tu tempat bakalan sama kayak yang gw baca (secara, postingannya banyak yang dah jadul... sedikit worry kalau ternyata informasinya gak update lagi). Ceklist pun gw atur:
1.    Sewa elf à done
2.    Sewa perahu à done
3.    Koki & Guide (Petugas Jagawana) à done
4.    Tenda & Matras à done
5.    Obat anti malaria à 50% (susah ternyata nyarinya)
6.    Logistik à hmmm... ??? Apa perlu buka kantin???

Harinya pun tiba. Obat dah diminum sejak H-3, yang rasanya katanya pait..pait..pait... Pantau keadaan cuaca disana via web n phone ke guidenya. So far, nanti malam mpe Sabtu sih aman. Jam ½ 8 PM, kita pun kumpul di Cyber bwt ngesot ke pool bis aja di Cikokol.

Diluar perkiraan gw (tepok jidat berkali-kali, klo bisa koprol mpe ujung kulon...). It’s a long weekend, bro... Puenuh beudh... Udah mah bawa barang macam kuli pasar. Tenda di tangan kiri, matras dikepala, tas dibelakang. Tangan kanan? Gw akan fungsiin bwt garuk bagian tubuh yang gatel... J

Dari detik ke menit... Berubah ke jam... Mpe akhirnya kepikiran opsi: naek truk or sewa angkot mpe Serang (Pakupatan). Keputusan yang mufakat pun jatuh pada sewa angkot. Pegel berdiri, angkot pun dicegat sambil duduk di pinggir trotoar.

Tips:
Kalau mau murah, jangan pilih angkot bagus. Pilih angkot minim fasilitas dengan rute miskin penumpang. Tapi ini juga pake faktor luck loh ya... Coz gw dapet harga Rp300.000,- diluar biaya tol. Setelah nunggu hampir 2 jam... L

Angkot pun melaju dengan penuh kelambatan. Ditengah arus n suasana long weekend, bis kanan kiri, depan belakang... Lom truk yang bawa pernak-pernik kebutuhan bwt nyebrang ke Sumatera... Dah macam mobil sabunnya Mr. Bean lah tu angkot kita. Hidup enggan, mati pun tak sanggup... wkwkwkwk... Kaki dah mati rasa ditiban barang bawaan yang gak bisa dibilang sedikit.

Sampe Terminal Pakupatan sekitar jam ½ 12 PM. Kering... Tanpa ada setetes air hujan yang tadi dah tumpah banyak di tol...  Mutasi kendaraan lah kita ke Elf. Hmmm... Body n isinya, lumayan... Deretan kursi paling belakang dipake bwt naro barang. Dan tarikan pertama si supir pun.... OMG...

House music, volume full, speaker gede... Cukup bikin kita ternina-bobokan merem ayam. Sampe akhirnya kita semua terbangunkan karena keberanian si supir buat ngebut pas belokan... Dan berlanjut di jalan super butut yang pernah gw temuin... Kolam ikan ditengah jalan dengan diameter sepanjang 2 sepeda motor (itung lah sendiri berapa tuh diameternya). Dan tu supir masih aja ngebut... Cek by Nando, ternyata si supir ngantuk n pengen cepet sampe di rumah. Tapi ya gak gitu juga kali, Pak... Masih pengen idup nih kita... L

Gak tau ada dimana, mobil pun berenti. Si kernet sekarang naek pangkat. Dia jadi supirnya kita... Alhamdulillah, jurusannya beda ma si senior. Agak kalem dengan suara musik sedikit dikecilin... Bobo lagi deh kita...

Jam 5 teng... Kita sampe di Taman Jaya. Dan ternyata bener. Signalnya senen-kemis. Mana masih gelap pulak. Mo telp Jagawananya, masa kudu pake manjat pohon kelapa sih???




Sholat subuh dulu deh, biar dikasih kemudahan n kelancaran. Untungnya ada toilet yang gak jauh dari tempat kita diturunin. 30 menit kemudian, guidenya dateng... Horeeee... Jadi juga kita ngebolang... Jam 8-an, kita pun jalan setelah ngisi perut dengan sebungkus nasi uduk n segelas kopi n teh manis anget. Sewa aqua galon di warung sebelah plus beli logistik berupa telor 1,5 kg.

Kapalnya gede juga euy... Dah parkir gitu diujung dermaga. Lengkap dengan capten & crew-nya (ABK kalee..). Saran, abis sarapan, mending minum antimo langsung, coz ini lumayan lama dengan ombak yang gak bisa ditebak. Sekarepnya dia... Kalo mo gede, ya gede... Kalo cape, ya dia kecil sendiri.

Dari yang excited sampe cape mo ngapain lagi di tu perahu. Yang mancing dah mulai lempar kail, tapi gak dapet-dapet. Yang jeprat-jepret mulai ngehemat batre. Yang kurang tidur, mulai cari posisi bwt naro kepala. N etc... Cape gw nulisnya..




Jam 11-an kapal pun berlabuh di dermaga Pulau Peucang... Suer, ajib cuy pantainya. Pasir putih dengan airnya yang berdegradasi dari biru kehitaman ke hijau tosca menuju putih bersih. Ikannya berenang dibawah permukaan. Cukup menggelitik untuk siap-siap nyebur n ngejar tu ikan.





Tapi gw harus nahan diri. Urus semua masalah administrasi dulu sesuai prosedur yang berlaku. Urusan beres, ganti kostum deh. Buka perlengkapan snorkeling n cari spot yang jujur gak gw pikirin. Gw butuh berenang...



Tips:
Sunblock adalah sesuatu yang wajib dipake sekalut/se-addicted apapun loe sama suasana pantai n lautnya. Spot yang bagus menurut gw di Pulau Peucang buat dipake snorkeling ada di sebelah kanan dermaga. Ikan dan terumbu karangnya cukup banyak dan berwarna. Tingginya kadar garam membuat kita gampang ngelayang. Jadi, buat yang gak bisa berenang, dijamin gak akan tenggelem...


Jam 12-an, kita dipanggil makan. Rupanya si koki dah mulai beraksi sedari tadi, jadi gak pake lama. Walaupun menunya sederhana, tapi kita bahagia. Ikan hasil pancingan pun sudah terkapar di piring, siap buat dijarah...


Perut kenyang, kembali berenang... Sampe puassss... Sebelum para bule dan pale menjajah nie pulau. Sekitar jam 2 siang, kapal pun kembali bergerak menuju ke “tempat penginapan”. Gak pake ganti baju, coz berharap bisa berenang lagi di tu tempat. Tapi jauh ternyata. Sekitar 1 jam dari Pulau Peucang ke Pantai Cidaon. Gpp lah... Itung-itung ngeringin baju di badan.

Gak lama ninggalin Pulau Peucang, ujan pun turun. Pengen rasanya teriak, “Puassss... Gak pada bisa jemuran deh loe bule...!!!”. Tapi efeknya, kita pun gak bisa berlabuh di dermaga Pantai Cidaon. ‘Nunggu ujan reda dulu”, kata si Kapten Cook.

Kembali, bermacam aktifitas pun terjadi. Ada yang mandi pake aer ujan sampe mancing. Lumayan lah buat jadi lauk makan malem nanti. Kalo gw, cukup jadi penonton aja deh... Dah kedinginan soalnya.

 



Ada kali 45 menit nunggu birunya langit pertanda cerahnya dunia. Kapal pun akhirnya berlabuh. Ditambah jalan 15 menit ke suatu tempat yang tidak biasa menurut gw. Camping di pinggir pantai, dilindungi pepohonan untuk mengurangi terpaan angin laut yang lumayan kencang.

Gw gak ada masalah dengan camping dan tempatnya. Sampahnya itu loh yang disturbing. Kata guidenya, ini sampah efek hujan tadi dan kebawa arus. Bukan sampah sembarang sampah yang kita temuin. Lampu kapal aja ada. Gw sih ngarepin nemu lampu aladin... Hehehehe J

Sutralah sama sampah, yang penting nie malem kita bisa tidur enak, gak hanyut ke laut n bangun dalam keadaan sehat lahir batin. Kegiatan selanjutnya adalah diriin tenda.

1 tenda bisa diisi sama 3-5 org. Dan gw sewa 3 tenda + 1 tenda punya gw pribadi (yang biasa gw pake klo dilarang pulang sama nyokap... buka tenda di garasi deh L). Total 4 tenda untuk 11 org. Aer tawar adalah sesuatu yang sangat dihargai disini. Yang udah mandi aer ujan sih anteng di dalem tenda. Nunggu aer panas buat nyeduh kopi n jeprat-jepret doank kerjaannya. Yang belom mandi, kepaksa mandi di aliran aer tawar yang entah sumbernya darimana. Jangan ditanya soal bersih, karena emang bersih. Cuman debitnya aja yang kurang ngegigit. Udah gitu, dingin pulak... Berrrr...


Yang paling seru adalah acara api unggun-nya. Mini. Dipake buat masak aer, nasi, n goreng yang bisa digoreng. Anget duduk dempet-dempet sambil megangin gelas isi teh, kopi or susu panas. Hebatnya lagi, disini gak ada nyamuk. Padahal utan lebat loh dibelakang tenda kita. Dagang autan kagak laku ini mah...


Malam pun berganti pagi. Dengan target jam 8 balik ke kapal, rutinitas pagi pun dilakukan secara kilat. Mandi, bongkar tenda, masak n makan. Why in rush? Coz aer pasang, bro... Jadi, trek kita dari kapal ke tempat camping itu ngelewatin muara (ketemunya aer tawar dengan aer laut). Pas kemaren lewat sih, kagak keliatan bedanya. Cuman semata kaki doank aernya. Nah, pas baliknya, tu mata kaki naek ke pinggang gw. Gimana yang badannya “semampai”. Pinggang dia lewat juga donk??? Intinya sih, banjir cuy... Yang dah mandi, derita loe itu sih... hahahaha...

Kita beranjak ke spot selanjutnya. Cibom & Tanjung Layar. Ujung baratnya Pulau Jawa tuh ada disini. Suer, excited banget gw ama ni spot. Kenapa excited? Karena bumi ini bulat. Tapi kok ada ujung dari sebuah pulau ya? Monggo dipikir-pikir... (yang dah tau jawabannya, jangan jawab pake urat ya...)

Jaraknya gak jauh. Cuman 1 jam doank kok. Dan cuacanya pun cerah. Semoga nie cuaca bertahan lama. Another vehicle ready to use rupanya. “Kano” versi mimalis. Dibikin dari jirigen aer warna biru yang dibelah jadi 2. Bisa diisi 3 org include tukang kayuhnya. Penyeimbangnya dibikin dari kayu, tapi dipasang di 1 sisi doank... Lumayan bikin jiper orang yang mau naek ke tu “perahu”.


Tujuan utama kita di nie tempat adalah: Tanjung Layar & Camping. Setidaknya, itu tujuan buat 9 orang normal lainnya. Sisanya, milih mancing diatas kapal... Coz klo sampe gak dapet ikan, makan malem kita cuman sama mie rebus kayaknya... Gw salah ngitung logistik, cuy... Gw pikir orang camping itu kagak doyan makan. Nyatanya gak begitu... Pada napsu semua klo liat nasi...




Dari Cibom ke Tanjung Layar harus ditempuh dengan treking kurang lebih 30 menit-an (like usually, jangan percaya gw klo soal beginiaan... nepu cuy...). Masuk ke tengah hutan, jalan di jalan setapak. Guidenya pake babat daun segala biar kita jalannya gampang. Gw cuman berdoa, semoga gw gak ketemu or liat tu mahluk... Bisa mati berdiri gw klo sampe liat...




Di ujung jalan, gw pikir jalannya flat. Ternyata ada progresif-nya juga. Nanjak, naek ke atas pohon gede yang jatoh ngalangin jalan segala. Tapi nie spot malah jadi fav kita buat selfie. Unik aja... Hijaunya daun, birunya langit, coklatnya kayu n hitamnya orang yang dipoto.. L



Gak jauh dari tu tempat jatohnya pohon gede, masuklah kita ke sebuah bangunan. Area apa namanya, gw lupa. Ada menara tinggi yang gw jadiin ajang uji nyali. Poto diatas ketinggian bukanlah hal yang aneh n baru buat gw. Tapi nie menara, kagak ada pengamannya cuy. Besinya goyang-goyang, cuman selembar pula, dengan mur yang ilang-ilangan. Untung gak pake karatan. Naeknya dah macam anak monyet. Ketauan biasa manjat rumah or pohon mangga deh gw.. Pas turun, beeeuuuhhh... Lutut tremor euy. Gak berani banyak gaya macam Jacky Chan turunin tangga.



Back to menara. Dari atas, gw bisa liat kalo gw emang dah sampe ujung baratnya Pulau Jawa. Senangnya... Semua warna ada. I wish, nie menara lebih save. Gw jamin, akan lebih banyak foto selfie...



Perjalanan balik ke basecamp alhamdulillah lancar, selancar perginya. The Nandito malah sempet-sempetnya bikin video amatir (bukan buat konsumsi utup kayaknya). Perut dah wajib buat diisi, langkah pun makin dipercepat. Berharap, para mancing mania berhasil menaklukan ikan-ikan di Ujung Kulon ini.

Nie tempat bakalan jadi tempat camping kita selanjutnya. Yang mancing nerusin acara mancingnya. Kalau gw sih, hunting tempat buat snorkeling... Secara, siang itu lautnya lagi surut n buat snorkeling, butuh agak jauhan dari karang. Walaupun, gw akhirnya menorehkan sebuah “tato” akibat nyium batu karang tajem. Persis di dengkul.










Siang berganti malam. Ikan pun akhirnya disajikan di piring. Ternyata, camping gak bikin selera makan berkurang. Apapun menunya, malem itu kita makan penuh canda tawa. Yang rebutan cabe rawit sampe minum pake aer ujan. Wkwkwkwk... Logistik abis, Bro...

Layaknya pejabat di kota, makan malem pun berakhir dan dilanjutkan dengan ngobrol ngalor-ngidul. Minum kopi buat ngangetin badan. Nikmatin malem yang jujur, agak serem gitu klo liat ke belakang... Secara, ini utan beneran... Di ujung pulak... Jam 10-an, alarm gw dah bunyi. Saatnya tidur.

Cibom was the last destination on our journey. Why? Karena rokok dah gak ada lagi yang bisa dibakar. Aer dah gak ada lagi yang bisa diminum. Begitu pula perut yang dah gak bisa nampung setelah tertahan selama hampir 3 hari (ngarti lah maksud gw apaan... J).


Jam 8 pagi, kita dah balik ke kapal. Agak gelap di sisi laen langit Ujung Kulon ini. Berharap gak pake kejebak badai, kita pun buru-buru ninggalin tu tempat. Menuju Pulau Peucang buat beli aer minum n rokok. Teteeeeppp...

Harapan tinggal harapan. Butuh 4 jam perjalanan buat sampe ke Taman Jaya, karena kapal kita kehadang badai. Ombak gede cukup bikin ketar-ketir. Ruangan di dalem kapal dah penuh. Terpaksa kita “neduh” sambil basah-basahan ke siram aer. Ini kapal, dah macam kopaja di tengah laut. Goyang kanan- senggol kiri. Dah gak jelas deh arahnya... Suer, baru kali ini gw ngerasain badai di tengah laut. Menegangkan... Kuyup depan belakang, atas mpe bawah... Semoga gw gak masuk angin...


Alhamdulillah, badai sudah berlalu... Taman Jaya pun terlihat di pelupuk mata. Bayangan untuk mandi layaknya orang normal pun berlarian di kepala gw. 

Aer.. Aer... Gw butuh wc.. Sueeeerrr....

- From UK with Love... -

No comments:

Post a Comment