Saturday, March 7, 2015

Assalamu'alaikum, Sabang...

Adzan subuh berkumandang. Badan gw masih di bis dengan hayalan dah duluan sampe di Sabang. Dan diluar sana masih gelap (klo di Papua, jam segitu kayaknya ayamnya dah nangkring di piring buat sarapan...).

Gak lama, bis melipir ke kiri n berenti. Alhamdulillah, supirnya muslim taat (insya allah). Dia parkirin bisnya persis di depan mesjid. Sholat sekalian lempengin kaki. Cuman kok ya jadi worry gini pas mo ambil wudhu-nya. Apa gak diusir nih gw karena dianggap salah masuk "kamar"? Bismillah, moga gak kejadian deh...


Cuman 15 menit doank nie bis berenti. Karena ternyata gw dah di ACEEEEEEEHHHH....!!!!! Sampe lupa ama penyakit encoknya gw saking excited-nya. Gak pake lama, bis masuk ke terminal. Dan di terminal itu juga lah gw kenal sesosok pria Aceh yang sederhana. Tukang bentor yang bentornya gak bagus-bagus amat. Pak Mardi namanya. Entah ada apa gak potonya (klo telpnya sih ada...). Sesederhana apa, nanti bakalan gw ceritain.

Aceh pagi itu sungguh sesuatu sekali buat gw. Kota yang tadinya cuman sekedar cerita n hayalan doank akhirnya bisa gw samperin. Gimana klo gw bisa backpackeran ke Mekah n Madinah, ya... Pengen jumpalitan, tp dengan gaya lebih muslimah, susah keknya... Padahal ini baru sampe "Serambi"-nya doank

Jam 7 pagi di Banda Aceh. Coba di Jkt... Cari zebra cross aja susah
Dari terminal, gw minta dianter Pak Mardi ke Hotel Medan, tempat boss gw nginep sebelum lanjut ke Pelabuhan Ulee Lheue buat nyebrang ke Sabang. Sekalian numpang mandi.

Gw baru sadar, ternyata nie hotel dulunya hotel yang kena imbas dari tsunami dengan parkirnya perahu gede di pekarangannya (searching aja di google image).

Dari hotel ke pelabuhan, gak makan waktu lama. Sekitar 30 menit pake bentor Pak Mardi klo gak salah. Kapal cepatnya jalan jam 9.30, dan kita masih keburu kok buat nyarap. Tarif bentor 30rb (kurang lebihnya dimaapkan ya...)

Dah kebayang bakalan terima telp mulu ini mah... hiks..hiks..
Kapal Janda...
Biaya masuk pelabuhan 2rb/org. Untuk kapalnya, kita pake Express Bahari dengan harga tiket VIP 110rb. Kalo yang exec 90rb. Bedanya cuman di jumlah kursi doank. Dan gw milih duduk dikelas bisnis yang tanpa kursi... a.k.a diatas atep tu kapal. Kena angin, kena aer laut. Tp dijamin gak pake jamuran, soalnya kena matahari langsung... wkwkwkw... Harga, cukup 80rb sekali naek, sekali turun.

Duduk disini, pasti dapet sinyal ...
Bukan angkot, tp kata "merapat" berlaku juga disini
Daleman yg bagian Exec. Empuk, AC. Dan kursi gw didudukin sama tas
Ulee Lheue - Balohan, Sabang ditempuh sekitar 45 menit - 1 jam doank. Kapalnya cukup manusiawi, walaupun pas naeknya macem mo pada mudik lebaran.

Pulau Weh, Sabang... Welcome...
Sampe di Pelabuhan Balohan, akan ada banyak opsi transportasi. Cocok sama budget apa gak, bisa nego kok. Di Sabang, kita pake jasanya Pak John. Orangnya ramah banget. Tau detail kota Sabang. Tempat makan recommended, n spot buat hunting foto. Ini penting banget, bro... Mobil disewa selama 3 hari include bensin itu 1,5jt, n gak pake jam. Mo mpe bedug subuh pun dia ready.

Untuk penginapan, gw pilih tinggal di Freddies yang letaknya di Sumur Tiga. Penginapan milik orang bule yang udah lama stay di Sabang. Posisinya persis depan pantai. Gw bilang, "ini baru liburan...", itu juga sebelum telp gw bunyi.

Sebelum ke Freddies, kita minta dianter dulu buat makan. Dan dibawa lah kita ke tengah kota Sabang. Rumah Makan Perkasa Utama, dengan menu serba Aceh yang masih bisa keterima sama lidah gw yang rese...

Bukan Utami Perkasa lho ya...
Spot pertama foto di Sabang
Kota Sabang ini kecil. Jalannya cuman itu-itu doank. Hari pertama aja gw dah hampir apal belok kanan-kirinya ke titik-titik tertentu. Dan lagi-lagi... Sepi euy... Tapi gw jamin disini bebas begal...

"Budi... Kita maen bola dijalan yuk..."
Kalo mo ngintai pacar, kayaknya gagal ini mah... Keliatan di kaca spion
Itu bentor, jalan sepi macem itu, emang laku ya?
Kalo di Jakarta, udah ada yang dagang pasti di trotoarnya
Ini bukan tugu 0 KM, tp gak tau juga namanya tugu apaan
Saatnya ke penginapan, naro barang, ganti kostum. Cukup lah bawa alat pemuas hati, pelengkap hidup... (red: kamera, topi, kacamata anti silau, alat snorkel - bila diperlukan). Rencananya hari pertama ini mo coba keliling Sabang: Pantai Anoi Itam, Pantai Kasih (2 pantai ini gw gak bisa bedain fotonya yang mana... jadi daripada salah, mending gw gak publish), intip pulau Klah sambil nikmatin rujak sabang n kelapa mudanya dan nyobain jalanan di bukit Kelok 13 Teupin Meuneng.

Bukit Kelok 13 Teupin Meuneng
Pulau Klah di seberang...
Penginapan yang kita ambil adalah bungalow dengan harga 265rb/malam + extra bed 75rb/malam (seperti biasa lah... hehehe...). Di Freddies, harga segitu exclude breakfast. Tapi klo mau include, kena charge 35rb/org sepuasnya dengan menu western n eastern (halah... indonesa maksudna mah).

Sejauh mata memandang, cuman laut...
Nyebur yuks..
Masih butuh AC rupanya si Boss...
Rehat bentaran
Nie jus rasa mangga dgn cost 10rb. Rasane? Muantep tenaaan...
Secara di depan penginapan itu laot, gw "mandi" gratis lah disitu. Bersih dengan pasir berwarna putih, so private, dan ombaknya gak begitu gede. Cocok buat anak muda cem gw... Ciyus???

Emang gak bisa snorkeling, tp tetep bisa dinikmatin to the max, kok...
Ujungnya Pantai Sumur Tiga
Malamnya, kita icip makanan khas Sabang. Kata Pak John (hmmm... kayak bukan orang Aceh ya namanya... hehehe...), ada mie Jalak yang diracik jadi 2 macem. Mie Jalak rebus & goreng. Tebakan gw sih macem mie dogdok yang suka lewat depan kostan. Tapi, marilah dicoba dulu. Abis itu, baru deh komentar... Harganya klo gak salah sekitar 12rb doank seporsinya.

Mie Jalak Goreng. Mie, toping n bumbunya beda dgn mie dogdok
Mie Jalak Rebus. Yang ini gw gak tau rasanya. 2x beli, gak pernah coba.
Ini kedai mie yang jual tu mie jalak (foto di kunjungan ke-2)
Mie jalak ini cukup bikin gw ketepu. Secara, gw ini gak doyan ikan. Tapi ternyata toping yang item-item itu dibikin dari ikan... Untungnya gw baru tau pas piring dah mo abis di kunjungan kedua sebelum balik ke Aceh. Si boss pake nanya segala sih... Hufh... Gak ketelen deh tuh... #mindtrick

Sebelum balik ke Freddies, Pak John ngajak kita nikmatin Sabang di waktu malam di atas bukit Kelok 13 Teupin Meuneng. Sayang, gak bawa tripod. Jadi rada tremor gitu pas jepretnya. Terlalu semanget, mpe lupa how to set my cam biar gak shaking. Tapi suer, ajib bangetssss...

Udah puas berpusing-pusing, sekarang saatnya balik ke penginapan n cuci baju buat gw pake besok di Iboih & Rubiah.... Basaaaaaahhhh...

~ Met Malem, Sabang... ~





No comments:

Post a Comment