Friday, March 6, 2015

Hari ke-3, Masih di Medan Menuju Aceh

Tidur diatas extra bed itu bikin gw harus bangun pagi kalau gak mau keinjek karena lupa ada mahluk hidup disamping tempat tidur. Untungnya bangun pagi, bikin tu kamar mandi jadi "milik" gw sepuasnya. Termasuk waktu yang lebih panjang buat re-packing my backpack.

Hari ini judulnya WisKul di Medan. Buka My Wish List @ Medan dengan menu semua yang bisa gw makan. Yang gak bisa gw makan, gw hapus...

Sarapan di Lontong Kak Lin, mengenang Tempoe Doeloe di Tip Top Medan, n beli oleh-oleh standard: bolu Meranti #hadeuh

Lontong Kak Lin ini ada di Jl. Cik Ditiro Kp. Keling, Medan. Karena pake supir yang asli orang Medan, tahu lah dia soal nie lokasi. Cuman karena keluar hotelnya agak kesiangan, sesampenya di lokasi, tu menu dah tandas, karena emang tu tempat menu rekomendasinya adalah Lontong Sayur. Selain Lontong Sayur, dia juga nyediain kue-kue layaknya tempat buat nyarap. Dan gw pun beralih ke menu laen yang gak kalah enaknya. Nasi Rames... Hehehehe... Dan ini tempat bikin gw nangis belakangan hari karena si ayam-ayaman...

Jadi gini ceritanya
Pas kita lagi makan di tu tempat, ada ibu-ibu yang nyamperin sambil nawarin dagangan dia. Ada ayam goreng kecil-kecil gitu ukurannya. Bos gw nawarin ke gw yang langsung gw tolak. Tapi dia tetep beli 1 biji. "Nyobain doank", katanya...

Karena gw sibuk sama piring nasi gw, si boss entah kenapa sabar aja gitu nunggu tanpa nyentuh tu ayam kecil yang dia beli barusan. "Nih, cobain deh.", gaya bossnya keluar juga. Antara merintah, nyuruh sama kasih instruksi beda tipis jadinya. Dan ternyata enak... Sumpeh, enak banget... Langsung gw kejar tu ibu. Cari mpe ke tempat parkir mobil, dan gak nemu... Katanya sih tu ibu biasa nawarin di tu tempat, cuman gak mangkal alias keliling aja begitu...

Tu ayam ternyata dikenal dengan sebutan ayam-ayaman yang klo di Jawa disebut burung sawah. Entah bener entah salah. Buat gw, klo dah enak, mo disebut apa pun itu, gak ngepek... Ke Medan berikutnya, gw harus makan tu ayam kawe... #tapitetepajagaknemu

Next destination, Istana Maimun. Tiket masuknya cuman goban. Dengan ornamen serba keemasan, lumayan bikin silau kalo ambil pic pake blitz...

Istana Maimun tampak depan
Katanya sih singgasana rajanya, dulu..
Salah satu poto rajanya.
Setiap raja, ada ceritanya. Yang ini cerita soal kesultanan deli itu sendiri
Abis beli oleh-oleh (macam bolunya salah satu merk terkenal klo di Bandung), dah siang n kayaknya perlu isi perut lagi sebelum anter tu Duo Boss ke Stasiun Kereta buat flight ke Aceh. List selanjutnya adalah Tip Top dengan cita rasa tempoe doeloe, katanya...

Asli, "Tugu" Tip Top
Gedungnya tua. Kayak yang di Beos gak sih?
Tulisan di struknya gak kebaca. Tapi harganya 17-18 rb doank per menu
Kalo yang ini kue biasa dgn harga 5500/kuenya
Tip Top jadi tempat terakhir acara kuliner kita di Medan dan bikin gw berpisah sementara dengan my Duo Boss. Gw masih harus bawa tu oleh-oleh ke temen kostan gw yang kebetulan lagi ada di Medan n mo balik ke Jakarta. Alasannya, biar gak basi selain dari economic reason... Thank you, Nissa...

Perjalanan dari Medan - Aceh akan gw jabanin pake Bis Malam (keukeuh mo nyobain bis lintas sumatera, padahal tiket pesawat dah mau ditanggung sama si Boss...). Gw harus pake bis, untuk bisa nikmatin rasanya jalan di Sumatera. Itu niat n tekad gw dari awal. Kata supir sewaan gw, bis Medan Aceh itu bagus banget. Bisa pilih bis yang seatnya 2-1 dengan kursi lurus klo mo tidur. Di pesawat, mana bisa macem gitu coba...

Gw pilih armada Sempati Star dengan tarif 170rb (super executive). Bis berangkat jam 4 sore. Sempati Star ini punya beberapa class dengan harga paling murahnya 160rb (patas executive) dan paling mahal 230rb (non stop). Class dan harga yang beda juga dipengaruhi jam keberangkatan.

Yang Non Stop cuman 1 unit, n abisnya cepet, Tp yang ini pun bagus kok
Daleman nie bis enak. Kursi empuk, ac pas, cuman agak sempit buat kaki gw. Dan makin berasa gelisahnya pas dah jalan 5-6 jam kemudian buat turun makan. Mendadak, gw lupa cara berdiri. Mo lepas aja gitu lutut rasanya. Muka emang muda, tp badan gak bisa diajak bo'onk.

BB gw tang-tung mulu, terima message dari Duo Boss yang ngasih kiriman makanan dari Aceh sono. Mulai dari yang normal mpe yang aneh. Mie Aceh, Sate Matang mpe Jus Pinang... Dan gw cuman bisa ngemil kuaci yang sengaja gw bawa dari Jakarta. Masih ada 2 bungkus lagi...

Sutralah... Misi hrs diselesaikan dan dinikmati... Met Malam Medan. Aceh, sambut gw ya...

~ Kalo ada koyo, kayaknya enak tuh lutut gw ~